Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender


cara menghitung masa subur
Menghitung masa subur wanita dengan sistem kalender merupakan salah satu cara termudah dalam menentukan kapan masa subur Anda. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui masa subur wanita. Bila anda menginginkan segera mempunyai anak, maka anda harus mengetahui siklus haid dan masa subur anda. Jadi anda dengan mudah untuk mempercepat kehamilan. Setiap wanita akan dipastikan mempunyai siklus haid yang berbeda-beda. Maka dari itu kenalilah dulu siklus haid anda. Jika anda berada pada siklus haid normal, anda bisa dengan mudah menghitung masa subur anda.

Jika silus haidnya normal yaitu 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke -14, masa suburnya 3 hari sebelum hari ke 14, dan 3 hari setelah hari ke -14. Ada pula rumus dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, yaitu masa subur yaitu hari terakhir haid menstruasi ditambah 13, masa prasubur yaitu masa subur dikurangi 3 dan masa subur di tambah 3.

jika siklus haid tidak teratur, catat jumlah hari dalam siklus haid selama 6 bulan. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga pertama haid berikutnya. Jumlah terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. hitungan ni menentukan hari pertama masa subur. jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Kita bisa ambil contoh sebagai berikut : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. Ketika kita mengetahui akan masa subur tersebut maka berhubungan suami istri pada saat itu tepat sekali dan dianjurkan.

Bagi anda yang mempunyai siklus haid teratur, itu lebih mudah untuk menghitung masa subur. karena tidak terlalu membutuhkan rumus yang terlalu ribet. Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke -1. masa subur adalah hari ke-14 sampai hari ke -14. Ketika anda sudah mengetahi masa subur dengan cara mengetahui siklus haid, anda harus lebih jeli terhadap masa haid anda. Selanjutnya anda bisa melakukan hubungan intim dalam masa subur untuk mempercepat kehamilan. baca juga artikel tips bercinta agar cepat hamil .

Dengan mengetahui masa subur Anda, peluang terjadinya kehamilan lebih besar. Selain itu dapat diprediksi juga apakah bayi yang diinginkan laki-laki atau perempuan.